Data Order

Data order adalah menu onlineshop di mana pengguna bisa melakukan transaksi orderan dari member,berikut menu menu nya :

  • Order masuk
  • Order invoice
  • Pengiriman
  • Selesai
  • Mutasi
  • Share olshop

Dari seluruh menu di atas merupakan Langkah verfikasi untuk owner jika mendapatkan orderan.

Berikut adalah fungsi dan keterangan setiap menu :

A.Order masuk

Order masuk untuk mngetahui member telah melakukan pemesanan suatu produk yang kemudian owner/toko melihat dengan Cara mengklik data order tersebut lalu kemudian muncul produk yang di pesan dan klik orderan di terima

B.Order invoice

Adalah rekap detail orderan transaksi sebelum produk/barang di kirim

Perlakuan owner terhadap member atas barang yang di pesan/order tergantung dari pembayaran,jika sudah di bayar bisa langsung klik simpan ke pengiriman dst.

C.Pengiriman

Produk yang di order oleh member proses packing sudah selsai dan di lanjutkan ke pengiriman produk melalui jasa logistic/delivery order oleh owner.

D.Selesai

Adalah rekapan orderan transaksi yang sudah selesai.

E.Share olshop

Jika pengguna ingin melakukan share toko ke member melalui jejaring sosial seperti

  • Facebook
  • Whatsapp
  • Email
  • Atau media sosial yang lain

Berikut link tutorial share olshop.

Transaksi keuangan

Dalam transaksi keuangan ada dua menu

1.Pengeluaran

2.pemasukan

Dalam menu pengeluaran terdapat form pengeluaran di mana urutanya sbb:

-Tanggal bisa di edit sesuai dengan kebutuhan tanggal transaksi.

-Nilai pengeluaran di tentukan pengguna.

-Biaya/dana yang akan di keluarkan melalui cashbox yang di dalam nya merupakan data arus uang yang telah terbagi dalam tambahan menu yang di buat sendiri oleh owner/staf.

Pilihan menu cashbox di buat oleh owner.

-Yang terakhir adalah keterangan yang di mana setiap kali melakukan transaksi wajib di sertakan keterangan yang jelas.

Memberikan keterangan dalam pengeluaran merupakan tanda pengingat dalam sebuah transaksi.

Proses pemasukan pun sama dengan keterangan di atas .

Manajemen pengelolaan keuangan alangkah lebih baik jika proses pencatatannya disiplin atau

tertib administrasi.

hal itu akan mempermudah kita selaku pengusaha dalam menjalankan tata kelola keuangan meski dalam jumblah dan arus uang yang cepat.

TRANSAKSI POINT

Menu transaksi point di gunakan Ketika member menukarkan point.

a.cara pelanggan mendapatkan point:

Owner/staf membuat produk point pada menu data produk.

Owner/staf mengaktifkan system point pada menu pengaturan database.

  • Owner/staf melakukan share olshop aplikasi eqioz.id via email,whatsapp yang kemudian

Pelanggan membuka link yang telah di kirim oleh owner/staf,lalu pelanggan mengisi form pada link tersebut (alamat email,password).

b.Penukaran point

Proses penukaran point dapat di lakukan pada menu penukaran point

  • Pilih member
  • Pilih produk point

Bagaimana dengan status produk point tersebut,apakah masuk stok data produk atau tidak?

  • Produk point stoknya terpisah.
  • Produk point harus terpisah dengan produk jualan meski produknya sama.
  • Dalam transaksi nilai produk point tidak sama dengan produk jual.
  • Prosentasi nilai belanja member di tentukan sendiri oleh owner .

Sistem point member adalah pematik pembeli menjadi loyal terhadap toko anda,

Gunakan dan manfaatkan semua fiture yang di sediakan oleh kami.

TRANSAKSI PRODUK

Dalam fiture Transaksi produk ada empat menu diantaranya :

a.Penjualan

b.pembelian

c.retur penjualan

d.retur pembelian

a.Menu Penjualan

Dalam menu penjualan terdapat enam logo symbol transaksi.

*Gambar member

-pilih member

-pilihcustomer

-hapus customer

-tambah customer

Apa perbedaan antara customer dan member

Member

Member adalah pembeli loyal dengan proses pendaftaran melalui link share olshop dengan mengisi dalam form pendaftaran.

Customer

Pembeli yang proses pendaftaranya di infut manual dalam aplikasi Ketika customer dating ke toko/outlet.

*Gambar keranjang

-Pilih produk       =>memilih produk yang akan di transaksikan

-Pilih category    =>emilih gruping produk lewat category produk yang akan di transaksikan.

-Tambah produk=> menambahkan data produk baru(akan muncul form tambah barang).

-Scane kamera barcode =>produk akan di scanin via barcode yang tertera pada produk.

*Gambar notepad

-Edit nomor transaksi =>jika di perlukan nomor transaksi bisa di edit/ubah.

-Edit catatan transaksi=>keterangan dalam transaksi bisa di berikan keterangan.

-Edit Alamat transaksi=>transaksi bisa di sertakan alamat pengiriman(isi form pengiriman)

-Edit catatan pengiriman=>Dalam transaksi untuk pengiriman produk/barang bisa di sertakan catatan.

– Edit prefix nomro transaksi =>identitas nomer transaksi bisa di edit lewat prefix nomer transaksi.

*Gambar logo arsip

-Data antrian =>melihat data transaksi yang di antrikan karna belum selesai atau memang transaksi yang di tangguhkan.

-Data transaksi=> menidentifikasi atau melihat transaksi yang sudah terjadi dengan mengechek nomor invoice dan tanggal di lakukannya transaksi beserta harga,bisa juga di scaning.

-Data transaksi customer =>melihat keseluruhan transaksi customer selama berbelanja ke toko/outlet kita,dengan memilih nama customer.

*Gambar share

-Print struk=>untuk melakukan cetak struk ulang.

-Print alamat=>transaksi yang memerlukan alamat pengiriman,di usahakan sertakan member atau customer sebelum melakukan transaksi.

-Print surat jalan => print surat jalan hanya bisa di lakukan menggunkan printer sepert Epson LX-310 yang di koneksikan melalui OTG (ON THE GO).

-Kirimkan email invoice=>invoice transaksi bisa di share via aplikasi di smartphone.

-Kirim email penawaran=>Mengirimkan via email atau aplikasi serupa ke alamat tujuan atas penawaran transaksi.

-Share struk =>struk transaksi bisa di share ke cutomer via media sosial sprt :email,WhatsApp dll.

-Nota digital =>dalam nota digitak bisa di lampirkan watermark toko/outlet anda sebagai identitas/branding,lalu kemudian bisa di bagikan/share.

*Gambar Chif

-Simpan keantrian =>transaksi jika belum selesai atau terjeda bisa di simpan ke antrian terlebih dahulu.

-Bayar Secara kredit =>Transaksi bisa di lakukan pembayaran secara kredit dengan catatan harus memilih customer,tengang waktu dan uang muka bisa di sesuaikan tergantung pengguna.

b.Menu pembelian

Menu pembelian berhubungan dengan supplier,secara gambar logo transaksi sama dengan menu pembelian.

Perbedaan menonjol pada gambar share di mana terdapat menu

*Purcase order pdf=>PO(purcase order nanti akan tersimpan pada emulator

*Purcase order email =pdf yang terbentuk bisa di share ke supplier via email ,WA dan sarana aplikasi lain.

MENU EQIOZ.ID part II

MENU INFO dan MENU OUTLET

-MENU INFO adalah sarana informasi,update aplikasi dan ilmu pengetahuan seputar retail versi genta tekno.

-MENU OUTLET merupakan terminal dari cabang toko/outlet.

Bagaimana cara kerja menu menu outlet…?

OWNER/Pemilik dapat memonitoring data setiap cabang toko/outlet dengan memilih salah satu outlet yang akan di evaluasi/di lihat datanya.

Bagaimana pengguna jika ingin membuat/menambah outlet…?

Langkah langkahnya sbb :

>Buka menu outlet

>Klik tanda plus (+) pojok kanan atas ,akan muncul form “TAMBAH OUTLET”

Dengan format rincian yang harus di isi

.Id outlet

.Nomor outlet

.Nama outlet

.Alamat outlet

*on/off aktifkan olshop

.tutup/simpan

Ketika selesai maka outlet baru pun sudah bisa di lihat dan tinggal di isi produknya.

Jika sebelumnya pengguna sudah menggunakan eqiozmart versi pro dan datanya mau di copy ke eqioz.id,maka cara memindahkan data produk dari satu outlet ke outlet yang lain sangatlah mudah.

berikut tutorial vidio cara copy data outlet A ke outlet B.

PENJELASAN MENU EQioZ.id part1

.MENU HOME

Apa saja yang terdapat dalam menu home..?

a.kolom outlet -> Memilih toko/outlet yang di inginkan untuk melihat data atau kontrol owner terhadap kesluruhan data transaksi pada satu outlet.

b.Kolom INFORMASI LAYANAN

Kolom informasi layanan terdiri dari 4 kolom yang semuanya memiliki keterkaitan tentang spek biaya layanan yang di iginkan pengguna.

contoh pengguna memilih paket layanan 3000/hari maka akan memiliki maksimal transaksi dalam satu bulan sebanyak 1200 transaksi dan ukuran file data yang di peroleh sebesar 50 mb.

Bagaimana sih cara pembayaran layanan EQioz.id….?

EQioz.id satu satunya aplikasi yang sistem pembayarnnya TOP UP saldo akun seperti hal nya kartu jalan tol,jadi pengguna tidak perlu repot repot setiap bulan membayar biaya layanan.

Nilai top up saldo akun memiliki standart minimal yaitu Rp.100.000 dan nilai top up harus kelipatan Rp.10.000.

c.Kolom GRAFIK PENJUALAN

Dalam kolom ini dapat melihat secara umum proses transaksi mulai dari grafik yang terjadi ,pemasukan ,pengeluaran ,jumblah transaksi penjualan dalam satu hari serta arus uang.

Cara kembali ke Mode Offline – Gratisan

Saat akun EQioZMart anda dalam mode Online anda tidak dapat langsung berpindah ke mode Offline hal ini dimaksudkan untuk menghindari berbagai kemungkinan kesalahan eksekusi perpindahan data yang bisa berdampak data anda hilang karena tidak mengikuti prosedur yang ditentukan.

Cara kembali ke mode Offline langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Masuk ke menu Pengaturan Database lalu pilih Download Database.
  2. Selanjutnya silahkan logout akun EQioZMart anda yang sudah dalam mode Online.
  3. Lakukan pendaftaran akun baru dengan alamat email baru. Dan selanjutnya daftar dan login.
  4. Di akun baru database dari kasir yang mode Online sebelumnya akan otomatis masuk dan dapat digunakan.
  5. Untuk di akun EQioZMart yang baru jangan pindah ke mode ONLINE jika anda ingin tetap menggunakan aplikasi EQioZMart gratisan.

Demikian cara kembali ke mode Offline bagi yang ingin berhenti berlangganan versi Pro.

Sekalipun aplikasi yang anda gunakan itu gratis tetapi aplikasi tersebut dibuat memakan biaya, waktu, tenaga dan pikiran. Tidak semata-mata datang dari yang maha kuasa langsung diberikan ke anda. Sudah sepantasnya anda belajar untuk menghargai hasil karya dan kerja orang lain.

Cara Integrasi EQioZMart dengan layanan Cek Mutasi Otomatis

Cek mutasi otomatis digunakan untuk memudahkan konfirmasi pembayaran saat menggunakan fitur Toko Online di EQioZ Mart.
Dengan menggunakan cek mutasi otomatis anda tidak perlu bolak-balik cek mutasi pada rekening bank anda karena sistem akan mencocokan nilai transfer yang masuk dengan tagihan INVOICE yang diberikan kepada customer.

Di EQioZ Mart dapat di integrasikan dengan layanan Cek Mutasi pihak ketiga dari Layanan CekMutasi.Co.Id

Langkah Pertama

Langkah awal untuk melakukan integrasi adalah anda harus punya akun internet banking terlebih dahulu. Misalnya BCA maka anda harus ke kantor cabang BCA untuk mendapatkan akun internet banking. Nanti anda akan mendapatkan username dan password internet banking anda.

Langkah Kedua

Silahkan anda mendaftar layanan cek mutasi otomatis di website https://cekmutasi.co.id
Setelah anda login di CekMutasi.Co.Id Selanjutnya silahkan tambahkan akun internet banking anda di menu Langganan > Bank
Silahkan anda isikan akun internet banking anda pada form isian.
Bagian URL/IPN callback silahkan diisi seperti gambar dibawah

Isikan interval cronjob dengan 5 menit.

Langkah Ketiga

Masuk ke website EQioZ Mart dan login dengan akun EQioZ Mart anda. Alamat websitenya https://eqiozmart.com/pos/
Setelah login selanjutnya silahkan masuk ke menu Mutasi
Lalu pilih Pengaturan API Signature di tombol pojok kanan atas halaman.

Bagian API Signature silahkan isikan API Signature dari CekMutasi.Co.Id yang lokasinya di menu Integrasi > Pengaturan

Selanjutnya SIMPAN

Setiap ada mutasi masuk maka akan tercatat di menu Mutasi pada aplikasi EQioZ Mart ( Olshop > Mutasi ).
Jika nilai mutasi ada yang sama dengan INVOICE maka akan set status pembayaran jadi PAID

Layanan dari CekMutasi.Co.Id tidak hanya untuk bank BCA saja tapi bisa untuk bank lain dan jenis layanan lain seperti OVO, GO Pay dll.

Cara Copy Data Antar Akun Outlet EQioZMart

Cara copy data antar akun Otlet EQioZMart, sehingga Anda tidak perlu repot untuk input data dari awal untuk akun baru.

Berikut Prosedurnya :

Catatan:
Setiap akun sudah berlangganan EQioZMart versi Pro dan semua dalam mode Online

Langkah Pertama

  1. Login dengan akun pertama yang akan di copy datanya
  2. Pastikan akun pertama sudah dalam mode Online
  3. Masuk ke menu Pengaturan Database
  4. Lalu klik Backup Database
  5. Selanjutnya klik Backup, tunggu hingga proses Backup selesai
  6. Maka data akun pertama sudah ada di menu Restore Database, Anda bisa mengeceknya, klik menu Restore Database, maka akan ada tampilan data (data terbaru adalah baris yang paling atas)
  7. Lalu log-out dari Aplikasi EQioZMart

Langkah Kedua

  1. Setelah log-0ut dari akun pertama, log-in kembali dengan akun kedua
  2. Pastikan sudah dalam mode online
  3. Selanjutnya masuk ke menu Pengaturan Database
  4. Lalu pilih Restore Database
  5. Kemudian klik salah satu data backup yang ada dalam data restore database (data terbaru ada dibaris paling atas)
  6. Klik data tersebut, lalu klik Restore
  7. Tunggu hingga proses selesai
  8. Maka data berhasil di copy ke akun yang baru
  9. Selanjutnya log-out dari Aplikasi